PROGRAM PADAT KARYA TUNAI (PKT) DESA SUNGGINGWARNO TAHUN 2018

Kegiatan Padat Karya Tunai ( PKT ) Desa Sunggingwarno / foto Rudi

Sunggingwarno,Kamis (1/11).Masyarakat desa Sunggingwarno Telah melaksanakan kegiatan Program Padat Karya Tunai (PKT).Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-Nopember 2018.Lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut di area persawahan petani desa sunggingwarno,mereka mulai bekerja dari pukul 5.30 sampui pukul 9.30.

Program Padat Karya Tunai (PKT) ini dinilai telah membantu warga masyarakat desa Sunggingwarno karena telah mendapatkan pemasukan tambahan dan warga yang terlibat dalam PKT di beri upah sebesar Rp 63.000 Per hari.

Kegiatan yang anggarannya bersumber dari Dana Desa,Desa Sunggingwarno telah memanfaatkan dana tersebut yaitu program PKT dengan melakukan kegiatan yaitu Normalisasi saluran air.Warga desa Sunggingwarno yang terjun langsung ke lokasi sawah dengan membawa cangkul untuk mengeruk tanah ,dan di tempatkan di pinggir jalan,ada juga yang membawa sabit untuk membersihkan rumput-rumput liar.

warga melakukan pengerukan tanah / foto masturi

Dari total Anggaran Dana Desa,Desa Sunggingwarno sebesar Rp111.306.000 yang di gunakan untuk normalisasi saluran air yang ada disawah.Dana Desa dalam pengelolaannya mulai tahun 2018,wajib di gunakan secara swakelola atau Padat Karya Tuani oleh masyarakat setempat agar manfaat dari program Dana Desa dapat langsung dirasakan masyarakat setempat.

Dengan Program PKT ini,turut membuka lapangan pekerjaan,karena mendapatkan sumber pendapatan baru sehingga dari pendapatan tersebut bisa di pergunakan untuk pengeluaran sehari-hari,dan efeknya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di  desa Sunggingwarno.

p

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan